1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer>

Architecture Without Walls 2020 IAI Jawa Barat

Monday, 14 September 2020 15:05

 

 

 

Salam Semangat & Sehat Selalu.

AWW 2020 merupakan acara tahunan yang diawali dan diselenggarakan oleh IAI Jawa Barat yang membuka wawasan bahwa arsitektur seyogyanya dapat menjadi wadah kolaborasi masyarakat tanpa sekat serta membuka cakrawala baru tentang profesi arsitektur.

Acara AWW 2020 IAI Jawa Barat akan berlangsung selama 2 minggu, dari tanggal 15 September hingga 26 September 2020.

Mari kita guyub bersama IAI Jawa Barat di acara AWW 2020

Pendaftaran : http://bit.ly/AWW2k20

 

Sejarah mencatat, setiap pandemi yang terjadi mengubah peradaban. Dari 20 pandemi yang telah terjadi 7 diantaranya telah mengubah peta politik dan peradaban dunia. Sebut saja Antoine Plague yang menghacurkan Imperium Roma pada abad ke 2 atau Justinian Bubonic yang menghancurkan Bizantium pada abad ke 6.

Sebelum Covid 19 hadir, masyarakat sudah dibanjiri informasi pada era Revolusi Industri 4.0, dimana terdapat 5 cluster akan terpengaruh oleh keberadaan IR 4.0 ini, antara lain :  ekonomi, bisnis, hubungan masyarakat-global, dan masyarakat-individu.

Wacana IR 4.0 ini akan sangat besar pengaruhnya pada cara arsitek berprofesi, akan muncul paradigma-paradigma baru yang menuntut profesi arsitek melakukan penyesuaian.

Pandemi Covid 19 saat ini mendorong masyarakat, tidak terkecuali profesi arsitek masuk pada masa yg disebut dalam BLACK SWAN THEORY (Talleb 2007) dimana suatu kejadian yang berskala global dan masif terjadi yang sangat berpengaruh pada ketidakpastian politik dan ekonomi dalam jangka waktu yang sangat panjang.

Tema RESILIENSI diangkat oleh IAI Provinsi Jawa Barat pada kegiatan AWW 2020 dalam membuka wawasan dan bertukar pikiran, bagaimana profesi arsitek dapat bertahan dan tetap bertumbuh dalam kondisi ketidakpastian ini dalam jangka pendek, menengah dan jangka panjang.

Tidak ada yang dapat memprediksi kapan pandemi ini akan berakhir, namun demikian hidup harus terus berlanjut , bertahan, tetap kreatif sebagai place maker, community generator dan sustainable design.